RSS

Peduli Pendidikan, SDP Etos Surabaya kerja sama dengan Makmal Pendidikan Gelar Public Training “Guru Kreatif, Pendidikan Berkualitas”.

03 Jan

Minggu (18 Desember 2011), MI Ribath Darut Tauhid  beda dari pada hari-hari biasanya. Penerima Beastudi ETOS Surabaya menyulap salah satu ruang kelas di MI tersebut menjadi ruang pelatihan.  Pasalnya pada hari itu, mereka mengundang guru-guru SD/MI yang ada di sekitar MI Ribath Darut Tauhid untuk mengikuti Publik Training yang mereka selenggarakan melalui program Sekolah Desa Produktif yang ada di Kedung Cowek.  Sebanyak tiga puluh guru diundang untuk mengikuti training tersebut.

Guru Kreatif, Pendidikan Berkualitas”  merupakan tajuk training yang digelar oleh Etos Surabaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Guru merupakan salah satu ujung tombak dari pendidikan, peningkatan kualitas guru melalui upgrading atau training sangat diperlukan untuk menemukan metode-metode baru dan bervariasi dalam mengajar sehingga pelajaran yang diberikan mudah diterima anak atau peserta didik. “ Kami berharap apapun yang diajarkan dipelatihan ini bisa menjadi tambahan ilmu bagi bapak dan ibu guru untuk mendidik murid-muridnya nanti sehingga pendidikan di sini menjadi lebih baik lagi, “ kata Arif Shubhan salah satu penerima beastudi Etos dari teknik Industri ITS.

Super Teacher

Acara dimulai pukul 07.30 WIB, terlihat semangat yang luar biasa dari para Guru yang akan mengikuti training.  Acara dibuka dengan bacaan basmallah, dilanjutkan dengan tilawah.  Lalu ada beberapa sambutan yang salah satunya dari kepala sekolah MI Ribath Darul Tauhid bapak Mujtahid. Beliau sangat senang dengan adanya training seperti ini karena menurut penuturan beliau belum pernah ada training untuk guru yang diselenggarakan di daerah pesisir seperti kedung cowek ini.

Selesai pembukaan training langsung dimulai.  Training ini dibawakan oleh Asep Sapaat yang merupakan trainer nasional dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa yang mentraining  para guru dari aceh sampai papua sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dari Dompet Dhuafa.   Pak Asep tampil dengan membawakan materi “ Guru Kreatif”. Disini beliau melatih para guru peserta training bagaimana mengajak siswa aktif adalam pembelajaran yang diberikan. Para Guru dengan penuh semangat mengikuti training dan simulasi yang diberikan. Training selesai pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan bacaan hamdallah. (Arf)

 
Leave a comment

Posted by on January 3, 2012 in ETOS

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: