RSS

Mahasiswa Membangun Desa Melalui Program Desa Binaan Sebagai Perwujudan Nilai Pengabdian Masyarakat dalam Tridharma Perguruan Tinggi

18 Oct

Indonesia adalah negera ketiga dengan jumpah penduduk terbanyak setelah China dan Amerika. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data dari bank dunia berkisar 229.964.720. Namun, beda dengan dua negara yang berpenduduk besar lainnya, permasalahan sosial di Indonesia sangat banyak.  Contoh dari permasalahan sosial tersebut adalah kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, tindak kriminal dan pengangguran. Bila kita tarik garis merah dari semua contoh permasalahan tersebut sebenarnya saling berkaitan satu sama yang lainnya. Kemiskinan ada karena beberapa sebab di antaranya banyaknya pengangguran dan kebutuhan bahan pokok yang mahal. Imbas dari kemiskinan tersebut adalah tingkat pendidikan yang rendah dan kriminalitas yang tinggi.

Sebuah mimpi dari rakyat Indonesia untuk dapat membangun kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan ada bukan karena pemberian, hal ini yang harus diingat, kesejahteraan ada karena ada usaha diri untuk mencapainya dan adanya kontinuitas dalam melaksanakan perubahan tersebut. Saat ini, program desa binaan telah tersebar banyak diberbagai daerah. Program ini diharapkan dapat membantu mengentaskan kemiskinan dari suatu daerah tertentu yang nantinya diharapkan dapat berimbas langsung bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Bila kita bandingkan dengan kalangan yang lainnya, mahasiswa memiliki peran besar sebagai ujung tonggak dalam mewujudkan kemajuan Indonesia. Mahasiswa adalah bagian dari pemuda. Ada slogan menarik yang sering kita dengar yaitu “pemuda harapan bangsa” atau juga “ Maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada pemudanya”. Mahasiswa termasuk kalangan elit. Dari sekian juta pemuda di Indonesia hanya segelintir orang saja yang memiliki kesempatan untuk mengenyam Perguruan Tinggi. Terlebih apabila kita melihat realita yang ada saat ini yaitu biaya kuliah yang mahal dan juga kemiskinan yang masih banyak. Sedikit orang yang bisa merasakan kehidupan perguruan tinggi, maka diharapkan dari yang sedikit ini yang memiliki potensi yang strategis sebagai agent social of change di Indonesia ini yang nantinya membawa Indonesia kearah yang lebih baik.

Mahasiswa adalah kalangan yang memiliki potensi besar untuk melakukan mobilitas. Potensi itu sudah didapatkan sejak status mahasiswa itu disandang.  Oleh masyarakat, mahasiswa diharapkan nantinya dapat kembali kedaerah masing-masing dan membangun masyarakat didaerahnya sendiri. Program desa binaan bisa digunakan sebagai peran awal dan juga pembelajaran  dalam membangun daerah. Apalagi saat ini mungkin disetiap perguruan tinggi sudah punya program desa binaan. Pemikiran kreatif dan kritis mahasiswa bisa diaplikasikan disini. Ilmu yang didapat bisa langsung diaplikasikan di desa binaan ini. Jika kita hitung, di Indonesia ada sekitar seribu lebih perguruan tinggi, jika semua punya program desa binaan dapat dipastikan daerah di Indonesia sudah sejahtera.

 
Leave a comment

Posted by on October 18, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: